Home » , » Tanaman Yang Cocok untuk Taman Vertikal Rumah/Kantor Anda

Tanaman Yang Cocok untuk Taman Vertikal Rumah/Kantor Anda

taman vertikal
Mempunyai taman tentau akan memperindah rumah. Namun bagaimana dengan keterbatasan lahan? Memang lahan yang sempit membuat kebutuhan akan taman terpinggirkan. Namun hal ini bisa disiasati dengan membuat taman vertikal. Dengan taman ini, yang bisa ditempelkan di dinding, merupakan solusi atas keterbatasan lahan. Namun sebelum membuat taman, perlu dipilih tanaman yang cocok untuk taman vertikal.


Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuat taman vertikal, Anda harus tahu jenis tanaman apa yang cocok untuk taman vertikal. Di bawah ini terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat Anda pilih untuk taman vertikal. 

  • Tanduk rusa (Platycerium bifurcatum), memiliki daun yang mirip dengan tanduk rusa jantan. Tumbuhnya menempel di barang kayu, marga ini dibiakkan dengan spora, ia menyukai tempat yang teduh dan lembab.
  • Kuping gajah(Anthurium crystalinum), Kuping gajah jenis lama biasanya berhelai besar dan berhelai kecil untuk jenis baru. Ciri yang dimiliki tanaman ini adalah daun berbentuk hati dengan urat daun putih keperakan. Untuk taman vertikal, jenis daun kecil lebih kerap digunakan.
  • Lili paris (Chlorophytum comosum), daun tanaman ini panjang dengan garis putih kekuningan. Biasanya digunakan untuk tanaman border atau pot gantung. Lili paris tahan terhdap matahari langsung dan tumbuh optimal di tempat yang ternaungi.
  • Cryptanthus, memiliki banyak warna daun, mulai dari hijau, abu-abu, coklat hingga garis-garis putih. Cryptanthus juga merupakan tanaman yang tahan terhadap sinar matahari yang terik serta bisa hidup di tempat yang memiliki naungan. Diterapkan sebagai aksen di taman vertikal, dengan Bromeliaceae sebagai teman sandingannya.
  • Kucai, kucai merupakan jenis bawang-bawangan terkecil dari famili Alliaceae. Tanaman umbi-umbian setinggi 30-50 sentimeter dan lebar 1 sentimeter, dengan daun berbentuk tabung hampa sekitar 50 sentimeter ini memiliki tekstur lembut. Bunga dari Kucai berwarna pucat ungu, berbentuk bintang dengan enam kelopak bunga lebar.
  • Neoregelia, marga ini kerap dinamakan dengan bromelia. Padahal bromelia adalah nama keluarga dari banyak genus tanaman. Neoregelia yang umum digunakan di taman vertikal antara lain jenis Neoregelia olens dengan daun merah polus berujung rata, lalu Neoregelia carolinae dengan corak daun bergaris.
  • Lipstik(Aeschynantus Radicans), tanaman ini tumbuh menjalar dengan batang yang panjang. Daunnya berbentuk ginjal (cordata), berwarna merah hati dnegan garis perak dan berbulu. Bunganya berwarna merah menyala.
  • Kadaka (Asplenium scolopendrium), tanaman ini hampir sama dengan Paku sarang burung, hanya jenis daunnya lebih kecil. Pinggirnya bergelombang berwarna hijau muda.
  • Sirih Merah, jenis tanaman ini menyenangi tempat teduh, tumbuhnya menjalar dengan batang berbuku, daunnya berwarna merah dengan garis perak. Sebagai tanaman pengisi taman vertikal, Sirih Merah tampil dengan warna merahnya.
  • Singonium, tumbuhan perdu dengan tinggi tak lebih dari 30 sentimeter ini memiliki daun berbentuk hati dengan warna daun campuran antara putih dan hijau. Tanaman ini gampang tumbuh asalkan cukup air.

Sekarang, tinggal buat taman vertikal, susun tanaman tersebut dan taman vertikal anda akan tampak indah. 
Share this article :

call : 021 36 8382 38

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. TAMAN DESA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger