Home » , » Pohon Penenduh seperti apa Untuk Rumah/ Kantor Anda ?

Pohon Penenduh seperti apa Untuk Rumah/ Kantor Anda ?

pohon peneduh,rumahSemakin pesatnya pertumbuhan kota, semakin banyak pula penduduk yang tinggal di kota-kota tersebut. Akibatnya adalah semakin terbatasnya lahan untuk perumahan. Maka tak heran jika kemudian rumah menjadi berukuran kecil.Pada rumah yang berukuran kecil dan padat, udara menjadi terasa panas. Jika panas dalam ruangan bisa diatasi dengan AC. Namun untuk luar ruangan diperlukan tanaman peneduh yang cukup rindang. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di lahan terbatas dan tidak merusak tembok atau dinding.


Dengan adanya pohoin peneduh, halaman akan menjadi asri dan udarapun akan lebih bersih dan segar. Berikut beberapa tanaman yang bisa dijadikan pohon peneduh di rumah anda.

1. Pohon Tanjung.  Meskipun batang yang tidak terlalu besar dan belum terlalu tinggi,  namun sangat rindang dengan tajuk luas dan tumbuh secara simetris. Daun tidak mudah rontok, Ranting tidak terlalu besar dan tidak mudah patah. Pohon ini bisa mencapai tinggi 15 meter (data wikipedia), meskipun sangat jarang ditemui. Namun kebanyakan pohon ini setinggi 4-10 meter saja dan bertajuk lebar,  jadi sangat sesuai sebagai pohon peneduh di halaman perumahan yang kecil.

2. Pohon Kiara Payung yang mempunyai nama ilmiah Fellicium Decipiens, adalah pohon tropis yang berasal dari Afrika Timur dan India Selatan. Meskipun tergolong pohon tropis, orang-orang di luar negeri biasa menyebutnya sebagai Japanese Fern Tree. Pohon ini sangat baik sebagai pohon peneduh di halaman rumah karena selain sangat rindang dan bertajuk luas. Kemampuan menyeap CO2 pun sangat bagus, tingginya 11 meter, namun yang sering ditemui 4-8 meter. 

3. Pohon Mangga. Pohon ini paling banyak ditanam di komplek perumahan karena dapat tumbuh dengan cepat, rimbun, buah bisa dimakan, akar ke dalam tanah, tidak merusak lantai dan tembok. Pohon ini umumnya mempunyai tinggi 4-10 meter  karena ditanam dari cangkokan bukan dari biji. Sebenarnya pohon ini bisa tinggi 10-40 meter dengan lebar batang yang cukup besar. Pada saat pertumbuhan, perlu bagi anda untuk memangkas beberapa ranting karena pertumbuhan mereka tidak simetris dan perlu diatur. Beberapa jenis pohon mangga seperti harum manis memiliki sedikit ranting-ranting kecil (kurang rimbun), karena cabangnya sedikit namun tumbuh terus sehingga kadang pertumbuhan cabang melengkung dan turun ke bawah karena tidak kuat menahan beban, apalagi saat berbuah. 

4. Pohon Jambu Air (Syzygium aquenum) atau orang barat biasa menyebutnya sebagai Water Apple. Pohon Jambu adalah pohon spesies asli Asia Tenggara. Pohon ini bagus sebagai tanaman peneduh di halaman rumah. Pohon perdu ini memiliki persyaratan yang baik sebagai peneduh dengan pertumbuhan yang cepat dan buah yang banyak.
Share this article :

call : 021 36 8382 38

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. TAMAN DESA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger